PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PBL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi model Problem-based learning (PBL) dalam memberdayakan keterampilan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan terhadap teori-teori dan hasil-hasil penelitian yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama ini siswa cenderung hanya menghafal konsep-konsep yang diberikan oleh guru tanpa diimbangi dengan kemampuan menerapkan konsep terhadap masalah yang dijumpai pada lingkungan sekitarnya. Keterampilan pemecahan masalah merupakan suatu keterampilan dasar dapat membantu peserta didik dalam membuat keputusan yang tepat, cermat, sistematis, logis, dan dapat mempertimbangkan dari berbagai sudut pandang. Melalui PBL, siswa tidak hanya menghafal, mengenal, dan memahami materi pembelajaran akan tetapi siswa terlibat pada masalah yang dalam dunia nyata. Dalam PBL, masalah dijadikan titik awal dan siswa akan menghubungkan dengan bidang ilmu lainnya, serta memberikan solusi atas permasalahan. Sintaks PBL yaitu orientasi siswa kepada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta menganilisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Kata kunci: PBL, keterampilan berpikir, model pembelajaran
ÃÂ