MANAJEMEN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI DI KELAS X IPA3 SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU
Abstract
Penelitian tindakan kelas dengan tujuan meningkatkan aktivitas, kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar pada konsep usaha dan energi yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA3 yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, tes kemampuan pemecahan masalah, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 24, siklus II sebesar 26, siklus III sebesar 27. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 64.51; siklus II diperoleh nilai rata-rata 69.25; siklus III diperoleh nilai rata-rata 72.24. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar 69.69% dengan nilai rata-rata 74.69, siklus II diperoleh
ketuntasan belajar 78.78% dengan nilai rata-rata 76,21; siklus III diperoleh ketuntasan belajar 90.90% dengan nilai rata-rata 79.09. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas, kemampuan pemecahan masalah dah hasil belajar siswa.
Kata kunci: Pendekatan saintifik, problem solving, pemecahan masalah, siswa hasil belajar.