MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENANAMKAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN KETRAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA

Authors

  • Wiwi Wikanta
  • Yuni Gayatri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam menanamkan karakter kewirausahaan, keterampilan proses sains, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mahasiswa program studi pendidikan biologi FKIP UMSurabaya. Penelitian telah dilakukan menggunakan metode pra-eksperimen desain one-shot case study pada perkuliahan biokimia pangan dan gizi pada semester genap Tahun Akademik 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan tes. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) karakter kewirausahaan mencapai nilai 3,12 termasuk kedalam kategori mulai berkembang (MB), (2) keterampilan proses sain mencapai nilai 3,00 termasuk kedalam kategori baik, dan (3) keterampilan berpikir tingkt tinggi mencapai nilai 66,24 termasuk kedalam kategori lebih dari cukup. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis proyek cukup efektif dalam menanamkan karakter
kewirausahaan, keterampilan proses sains, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mahasiswa program studi pendidikan biologi FKIP UMSurabaya.

Kata kunci: Pembelajaran, berbasis proyek, karakter, kewirausahaan, keterampilan, proses sains, berpikir, tingkat tinggi, pendidikan biologi

Downloads

Published

2018-06-08