PERAN PEMBELAJARAN BIOLOGI TOPIK KEANEKARAGAMAN HAYATI DALAM MENUNJANG EKOWISATA DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN

Authors

  • Lastiar Roseylina Sitompul

Abstract

Penelitianà menunjukkanà bahwaà pengembanganà ekowisataà dià Indonesiaà berdampakà negatifà à bagià àkelestarian lingkunganà hidup, padahal salah satu tujuanà dari ekowisata itu sendiri adalah menumbuhkan kesadaranà cintaà lingkungan. Pendidikan merupakan sarana yang efektifà menumbuhkan kesadaran cinta lingkungan khususnya pembelajaran Biologi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari mahkluk hidup dan lingkungannya. Kenyataan yangà ditemuià dià sekolah-sekolahà Indonesia,à guruà Biologià lebihà menekankanà à pengajaranà yangà menuntutà à siswaà menguasai pengetahuan kognitif saja. Hal ini terlihat dari asesmen yang dirancang guru dalam pembelajaran hanya menilai kognitif siswa dengan tes tertulis.à Akibatnya tidak jarang ditemukan ketika para siswaà melakukan kegiatan ekowisata, justru merusak lingkungan yang dikunjunginya. Siswa belum dapat menginternalisasi pengetahuannya dalamà à wujudà sikapà à perilakuà cintaà lingkungan.à Padaà halà kompetensià à setelahà à mempelajarià topikà inià adalah mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, sertaà peka dan peduli terhadapà permasalahanà lingkunganà hidup,à menjagaà danà menyayangià lingkunganà sebagaià manisfestasià ajaran agamanya.à Tujuanà penulisanà artikelà inià untukà mendeskripsikanà à strategià à pembelajaranà Biologià à yangà bertujuanà àmengembangkan sikap cinta lingkungan pada siswa sekaligus sebagai pelaku ekowisataà yangà mampu berperan dalamà pengelolaan lingkunganà yang berkelanjutan melalui topik pembelajaran keanekaragaman hayati. Strategi pembelajaranà yangà tepat,à berimplikasià à padaà pengembanganà à minatà à siswaà untukà turutà sertaà mengembangkan ekowisata dan berperan sebagaià dutaà masyarakat dalamà àusahaà pelestarian dan pengelolaan lingkungan.à Metodeà penelitian dalam penulisan artikel denganà studi literatur.à Hasil kajian studi literatur menunjukkan bahwa strategi pembelajaranà Biologià yangà melibatkanà siswaà secaraà à aktif,à à à berkonstribusià à menumbuhkanà kesadaranà siswaà mencintaià lingkungan,à berperanà aktifà dalamà à usahaà pengelolaanà lingkunganà à melaluià kegiatanà ekowisata,à serta menumbuhkan sikap dan perilakuà nyataà mencegahà punahnya keanekaragaman hayati.à àKata kunci:à pembelajaran biologi, keanekaragaman hayati, ekowisata , pengelolaan lingkungan

Downloads

Published

2018-06-08