HUBUNGAN AKTIVITAS LUAR SEKOLAH SISWA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SMP NEGERI 20 MATARAM TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas luar sekolah siswa dan lingkungan sekolah secara parsial dan simultan dengan hasil belajar IPA siswa di SMP Negeri 20 Mataram tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan ex-post facto. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII dan IX, penentuan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling dan penentuan ukuran sampel dengan rumus Slovin, setiap kelas diperoleh 18 siswa, sehingga total sampel berjumlah 144 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dengan skala skor jawaban 1-5. Data yang diperoleh diuji prasyarat dan dianalisis dengan uji regresi sederhana dan berganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan; (1) tidak ada hubungan positif aktivitas luar sekolah siswa dengan hasil belajar IPA siswa, taraf signifikansi 0,132 > 0,05, dan (2) ada hubungan positif lingkungan sekolah dengan hasil belajar IPA siswa, taraf signifikansi 0,008 < 0,05 serta pengaruh sebesar 4,9%. Hasil uji regresi berganda menunjukkan ada hubungan positif aktivitas luar sekolah siswa dan lingkungan sekolah secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA siswa, taraf signifikansi 0,029 < 0,05 serta pengaruh sebesar 4,9%.
Kata kunci: aktivitas, sekolah, lingkungan sekolah, hasil belajar, ipa smp.