PEMETAAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 TONDANO
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendapat gambaran keterampilan metakognitif, kemapuan berpikir kritis dan pemahaman konsep Biologi di kelas XII SMA Negeri 1 Tondano. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa Kelas XII IPA di SMA N 1 Tondano dengan sampel penelitian diambil secara acak dan diperoleh 35 sampel. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) kuisioner keterampilan metakognitif yang terdiri atas 52 nomor , (2) tes kemapuan berpikir kritis dan pemahaman konsep dengan jumlah 10 soal. Hasil penelitian menujukkan bahwa keterampilan metakokognitif siswa kelas XII IPA di SMA N 1 Tondano mencapai 50,03% sementara kemapuan berpikir kritis dan pemahaman konsep mencapai 52,43 %.
Kata kunci: Keterampilan metakognitif, kemampuan, berpikir kritis, pemahaman konsep