ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan metakognisi siswa dengan
penerapan model Problem based Learning (PBL) pada materi sistem reproduksi manusia.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Banda Aceh dengan desain penelitian pre-test and posttest
control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester
ganjil pada Tahun Ajaran 2016/2017, dan sampel siswa kelas XI-1 dan XI-3. Instrumen untuk
mengukur keterampilan metakognisi menggunakan Metacognitive Inventory Junior dan dianalisis
secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan metakognisi
siswa yang signifikan (P>0,05) dengan nilai t
hit
= 3,95 > t
tab
=2,018. Simpulan penelitian model
PBL berpengaruh terhadap kemampuan metakognisi siswa. Kemampuan metakognitif siswa pada
level OK dan Development.
Kata kunci: PBL, keterampilan metakognisi, sistem reproduksi