IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PRIMA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA BIOLOGI PADA KONSEP POLA PEWARISAN MENDE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran PRIMA untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa biologi pada konsep pola pewarisan Mendel. Model pembelajaran PRIMA merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran berbasis proyek, yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengintegrasikan pengetahuan baru, dan melakukan kinerja ilmiah dalam bentuk riset secara kolaboratif, sehingga menjadikan mahasiswa mampu menghadapi tuntutan kehidupan Abad 21. Penelitian yang dilaksanakan pada mahasiswa Biologi Universitas Negeri Gorontalo pada matakuliah genetika konsep pola pewarisan Mendel, dilaksanakan dalam kegiatan lesson study yang terdiri dari 3 tahapan yaitu plan, do, see. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang terdiri dari hasil observasi terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan genetika dengan menggunakan pola lesson study ini rata-rata mencapai 60%, sementara itu data hasil belajar setiap mahasiswa dianalisis menggunakan N-Gain Score dengan capaian diatas 7.
Kata kunci: model pembelajaran, PRIMA, lesson study, penguasaan konsep