KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULAH VERTEBRATA BERBASIS MIND MAPPING PADA MAHASISWA BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Authors

  • Arsip Marobi
  • Kashardi Kashardi
  • Endang Sulaiman
  • Anizar Anizar

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengembangan bahanàajar mata kuliah vertebrata berbasis mind mapping terhadap pemahaman konsep mahasiswa.àProduk yang dihasilkan sebuah bahan ajar berupa modul pembelajaran mata kuliah vertebrataàberbasis mind mapping yang valid dan praktis. Merupakan penelitian pengembangan denganàmodel 4-D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (Design), pengembanganà(develop) dan penyebaran (desseminate). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswaàProgram Studi Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu semester IV berjumlah 95àorang mahasiswa yang terbagi menjadi tiga kelas. Untuk uji terbatas berjumlah sembilan orangàmahasiswa yang diambil dari perwakilan ketiga kelas, sedangakn untuk uji luas menggunakanàseluruh mahasiswa dari ketiga kelas tersebut. Alat ukur yang dikunakan untuk pengambilan dataàyaitu evaluasi mind mapping yang terdiri dari 40 template untuk mengukur pemahaman konsepàmahasiswa. Kemudian data akan dianalisis menggunakan Uji T-test (Paired Samples Test). Hasilàpenelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan dengan pengembangan bahanàajar mata kuliah vertebrata berbasis mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsepàmahasiswa Biologi FKIP semester IV Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Kata kunci : bahan ajar, mind mapping, pemahaman konsep.

Downloads

Published

2018-06-08