KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULAH VERTEBRATA BERBASIS MIND MAPPING PADA MAHASISWA BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU
Abstract
Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengembangan bahanÃÂ ajar mata kuliah vertebrata berbasis mind mapping terhadap pemahaman konsep mahasiswa.ÃÂ Produk yang dihasilkan sebuah bahan ajar berupa modul pembelajaran mata kuliah vertebrataÃÂ berbasis mind mapping yang valid dan praktis. Merupakan penelitian pengembangan denganÃÂ model 4-D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (Design), pengembanganÃÂ (develop) dan penyebaran (desseminate). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswaÃÂ Program Studi Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu semester IV berjumlah 95ÃÂ orang mahasiswa yang terbagi menjadi tiga kelas. Untuk uji terbatas berjumlah sembilan orangÃÂ mahasiswa yang diambil dari perwakilan ketiga kelas, sedangakn untuk uji luas menggunakanÃÂ seluruh mahasiswa dari ketiga kelas tersebut. Alat ukur yang dikunakan untuk pengambilan dataÃÂ yaitu evaluasi mind mapping yang terdiri dari 40 template untuk mengukur pemahaman konsepÃÂ mahasiswa. Kemudian data akan dianalisis menggunakan Uji T-test (Paired Samples Test). HasilÃÂ penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan dengan pengembangan bahanÃÂ ajar mata kuliah vertebrata berbasis mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsepÃÂ mahasiswa Biologi FKIP semester IV Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
Kata kunci : bahan ajar, mind mapping, pemahaman konsep.