IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PERKULIAHAN GENETIKA UNTUK MEMPERBAIKI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Yennita Yennita
  • Rendi Zulni Ekaputri

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar mahasiswaàmelalui implementasi model pembeljaran berbasis masalah pada perkuliahan genetika. Jenis penelitian ini adalahàpenelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan melalui empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, danàrefleksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang melibatkan pembelajaran spesifik dan mahasiswaàsemester 6 sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar observasi aktivitasàmahasiswa untuk mengamati aktivitas perkuliahan selanjutnya data diolah menggunakan skor rata-rata yangàdiperoleh dari lembar kerja. Hasil pembelajaran yang kemudian dianalisis berdasarkan kriteria tingkatan kelulusanàpembelajaran . hasil analisis menunjukkan pada siklus pertama didapatkan skor sebesar 29 sebagai skor rata-rataàyang diklasifikasikan pada kriteria baik. Walaupun skor rata-rata aktivitas mahasiswa meningkat dari 29 sampai 31,5à(kategori baik) . selain itu persentase hasil dari pembelajaran konvensional pada siklus I adalah 73% dengan kriteriaàtidak tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan 85% pada siklus II yang di nyatakan tuntas. Berdasarkanàanalisis data dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran berbasis masalah pada matakuliahàGenetika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa yang ada di Program Studi Pendidikan BiologiàFKIP Universitas Bengkulu.à

Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran, berbasis masalah

Downloads

Published

2018-06-08