IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PERKULIAHAN GENETIKA UNTUK MEMPERBAIKI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar mahasiswaÃÂ melalui implementasi model pembeljaran berbasis masalah pada perkuliahan genetika. Jenis penelitian ini adalahÃÂ penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan melalui empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, danÃÂ refleksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang melibatkan pembelajaran spesifik dan mahasiswaÃÂ semester 6 sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar observasi aktivitasÃÂ mahasiswa untuk mengamati aktivitas perkuliahan selanjutnya data diolah menggunakan skor rata-rata yangÃÂ diperoleh dari lembar kerja. Hasil pembelajaran yang kemudian dianalisis berdasarkan kriteria tingkatan kelulusanÃÂ pembelajaran . hasil analisis menunjukkan pada siklus pertama didapatkan skor sebesar 29 sebagai skor rata-rataÃÂ yang diklasifikasikan pada kriteria baik. Walaupun skor rata-rata aktivitas mahasiswa meningkat dari 29 sampai 31,5ÃÂ (kategori baik) . selain itu persentase hasil dari pembelajaran konvensional pada siklus I adalah 73% dengan kriteriaÃÂ tidak tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan 85% pada siklus II yang di nyatakan tuntas. BerdasarkanÃÂ analisis data dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran berbasis masalah pada matakuliahÃÂ Genetika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa yang ada di Program Studi Pendidikan BiologiÃÂ FKIP Universitas Bengkulu.ÃÂ
Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran, berbasis masalah