Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Proses implementasi model pembelajaran Problem based learning dalam mengembangkan keaktifan siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS MA As-Syafi’iyah NW Tarekat Janapria Lombok Tengah; (2) Kendala guru sosiologi dalam implementasi model pembelajaran Problem based learning dalam mengembangkan keaktifan siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS MA As-Syafi’iyah NW Tarekat Janapria Lombok Tengah; (3) Upaya guru sosiologi dalam mengatasi kendala dari implementasi model pembelajaran Problem based learning dalam mengembangkan keaktifan siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS MA As-Syafi’iyah NW Tarekat Janapria Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangan Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Hubberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam proses implementasi model pembelajaran problem-based learning dalam pembelajaran sosiologi telah terbukti mendorong keaktifan siswa melalui diskusi kelompok, debat, presentasi, Tanya jawab, pengamatan dan pengumpulan data, serta refleksi dan evaluasi; (2). Kendala dalam implementasi model pembelajaran problem based learning dalam mengembangkan keaktifan siswa pada mata pelajaran sosiologi terdiri atas kendala internal yaitu guru sosiologi mengalami dalam menyusun RPP, menentukan metode dan media pembelajaran yang sesuai, keterbatasan waktu pembelajaran, sedangkan kendala eksternal yaitu daya tangkap siswa atau pemahamannya lambat, kurangnya minat belajar siswa dan diskusi didominasi oleh siswa tertentu: (3). Upaya guru sosiologi untuk mengatasi kendala dari implementasi model pembelajaran proble-based learning dalam mengembangkan keaktifan siswa pada mata pelajaran sosiologi terdiri dari upaya guru dari sudut pandang internal yaitu guru mengikuti pelatihan-pelatihan atau workshop yang telah diadakan baik di sekolah maupun diluar sekolah terkait dengan penyusunan RPP yang sesuai dengan model pembelajaran yang diterapkan, memaksimalkan penyampaian materi serta menetapkan batasan waktu pada saat diskusi. Sedangkan upaya guru dari sudut pandang eksternal yaitu guru berupaya terus untuk melakukan improvisasi dengan mencari metode yang bisa membangun minat atau semangat siswa salah satunya dengan ice breaking.
Kata kunci: Problem based learning, Keaktifan Siswa, Mata pelajaran Sosiologi
Ariikunto, S. (2016). Proseidur Peineiliitiian: Suatu Peindeikatan Praktiik. Jakarta: Riineika Ciipta.
Eimziir. (2014). Meitodologii Peineiliitiian Peindiidiikan Kuantiitatiif & Kualiitatiif. Jakarta: PT RajaGrafiindo Peirkasa.
Hmeilo-Siilveir, C. Ei. (2004). Probleim-Baseid Leiarniing: What and How Do Studeints Leiarn? Eiducatiional Psychology Reiviieiw, 16(3), 235–266.
Iistiifariin, Ei. F. (2016). Peimbeirdayaan pada Anak Beirkonfliik deingan Hukum (Studii Kasus Peimbeirdayaan oleih Sahabat Kapas dii Leimbaga Peimasyarakatan Klas IiIiB Klatein). Surakarta: UNS (Seibeilas Mareit Uniiveirsiity).
Keimeindiikbud. (2016). Peiraturan Meinteirii Peindiidiikan dan Keibudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Teintang Standar Proseis Peindiidiikan Dasar dan Meineingah. Jakarta: Keimeindiikbud RIi.
Kurniiawatii, T. (2019). Iimproviing Studeints’ Hiigheir Ordeir-Thiinkiing Skiills Through Probleim-Baseid Leiarniing Iin Iintroductiion To Miicroeiconomiics Coursei. KnEi Sociial Sciieinceis, 1(1), 9–20.
Leionardus, B. P. Y. (2013). Peineirapan Modeil Probleim Baseid Leiarniing Untuk Meiniingkatkan Keiaktiifan Dan Hasiil Beilajar Siiswa Pada Peilajaran Komputeir (Kk6) Dii SMK Ma’ariif 1 Wateis. Yogyakarta: Skrpsii Uniiveirsiitas Neigeirii Yogyakarta.
Moleiong, L. J. (2011). Meitodei Peineiliitiian Kualiitatiif Eidiisii Reiviisii. Bandung: Rosdakarya.
Moleiong, L. J. (2017). Meitodei Peineiliitiian Kualiitatiif. Bandung: PT. Reimaja Rosdakarya Offseit.
Mutiia, F. N., Baharii, Y., & Rustiiyarso. (2016). Peineirapan Modeil Peimbeilajaran Sosiiologii Beirbasiis Masalah Teirhadap Hasiil Beilajar Pada Siiswa Keilas XIi IiIiS 2. Jurnal Peindiidiikan Dan Peimbeilajaran Khatuliistiiwa (JPPK), 6(2), 1–9. https://doii.org/10.26418/jppk.v6ii2.
Riizqii, Ii. (2018). Peineirapan Modeil Peimbeilajaran Probleim Baseid Leiarniing Untuk Meiniingkatkan Keiaktiifan Siiswa Keilas XIi Pada Mata Peilajaran Peireikayasaan Systeim Radiio Dan Teileiviisei Dii SMK Muhammadiiyah 1 Banda Aceih. Banda Aceih: Skriipsii Uniiveirsiitas Iislam Neigeirii Ar-Raniiry Darussalam-Banda Aceih.
Sugiiyono. (2011). Meitodei Peineiliitiian Kuantiitatiif Kualiitatiif dan R&D. Bandung: Alfabeita.
Taufiik. (2012). Iimpleimeintasii Peimbeilajaran Probleim Baseid Leiarniing dii Program Studii Peindiidiikan Biiologii PMIiPA Uniiveirsiitas Jambii. Jurnal Biidiik, 1(1), 1–10.
Wiidjajantii, D. B. (2011). Probleim Baseid Leiarniing dan Contoh Iimpleimeintasiinya. Yogyakarta: Uniiveirsiitas Neigeirii Yogyakarta.
Copyright (c) 2025 Dede Alfian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The FKIP University of Mataram Journals is Open Access Journals provides quality journal publication services to documenting and preserving scientific article from the results of your research