PELATIHAN PEMBUATAN KECAP IKAN TERBAIK DARI BAHAN BAKU IKAN LEMURU HASIL FERMENTASI MENGGUNAKAN ENZIM PAPAIN KASAR DI DUSUN LENDANG BAJUR DESA GUNUNGSARI

Mahrus Mahrus, Lalu Zulkifli

Abstract

Kecap sebagai suatu produk olahan sangat jarang dikonsumsi secara langsung oleh masyarakat, umumnya dijadikan sebagai bahan pemberi cita rasa pada masakan tertentu. Sampai saat ini kecap yang beredar di masyarakat adalah kecap dari kedelai, sedangkan kecap dari ikan lemuru belum ada. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan keterampilan teknologi pembuatan kecap ikan lemuru secara enzimatik menggunakan ekstrak buah pepaya kepada ibu-ibu dan asisten rumah tangga dalam upaya meningkatkan pendapatan keluarga di Dusun Lendang Bajur Desa Gunungsari Kabupaten Lombok Barat.Kegiatan pengabdian ini dilakukan dilatarbelakangi oleh kehidupan masyarakat dengan tingkat ekonomi relatif rendah. Pelatihan pembuatan kecap ikan laut ini menjadi pilihan tim dalam mengatasi permasalahan ini. Metode pembuatan kecap ikan lemuru yang  diberikan kepada peserta adalah fermentasi dengan menggunakan enzim papain dari ekstrak buah pepaya. Salah satu fungsi dari penggunaan enzim papain pada pembuatan kecap ikan lemuru adalah untuk mempercepat proses hidrolisis protein ikan lemuru. Perbandingan antara daging ikan lemuru dan ekstrak buah papaya yang digunakan adalah 5:1 dengan waktu inkubasi 6 hari. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Dusun Lendang Bajur Desa Gunungsari ini mendapat respon positif dari para peserta yang terlibat langsung dalam kegiatan tersebut. Perhatian yang sama juga diberikan oleh pemerintah desa  melalui ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gunungsari dalam sambutannya menyampaikan bahwa usaha pembuatan kecap ikan lemuru ini akan diusulkan menjadi kegiatan kelompok wirausaha yang bantuan pendanaannya dapat diusulkan dari anggaran pemerintah desa. 

Full Text:

PDF

References

Ababouch, L. 2012. Fish utilization and trade. FAO Fisheries and Aquaculture Proceedings. No. 22. Rome, FAO.Rome. 238 pp.

Aniqoh, M. 2017. Pengaruh pemberian enzim papain kasar (Crude Papain) dan lama fermentasi terhadap kualitas kecap Ikan Lemuru (Sardinella longiceps). Skripsi. Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Eviyanti, S. 2012. Pengaruh Enzim Papain dengan Konsentrasi yang berbeda terhadap Karakteristik Kimia Kecap Tutut. Jurnal Perikanan dan Kelautan, 3 (4): 209-220.

Karim, F. Alfarobi, F. Swastawati, A. D. Anggo. 2014. Pengaruh perbedaan bahan baku terhadap kandungan Asam Glutamat pada Terasi. Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan, 3 (4): 51-58.

Misgiyarta, S dan Widowati. 2003. Seleksi dan karakterisasi Bakteri Asam Laktat (BAL) Indigenus. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian. Bogor.

Prapto. 2008. Kecap Ikan Laut. http://dinconomy.wordpress.com/. Diakses tanggal 10 Mei. 2017.

Prasetyo, M. N., N. Sari, C. R. Budiyati. 2012. Pembuatan Kecap dari Ikan Bagus secara Hidrolisis Enzimatis menggunakan Sari Nanas. Jurnal Teknologi Kimia dan Industri, 1 (1): 270-276.

Rasyid, A. 2001. Isolation of unsaturated fatty acids omega-3 from Sardine fish (Sardinella sp). Proceeding of seminar of national marine technology. Research centre for oceanography, LIPI, Jakarta 14430.

Rostini, I. 2007. Peranan bakteri Asam Laktat (Lactobacillus plantalium) terhadap masa simpan Fillet Nila Merah pada suhu rendah. Universitas Padjajaran. Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.