USAHA KREATIF PENGOLAHAN LIMBAH KAYU DI KABUPATEN SOPPENG

Faris Jumawan, Muhammad Yusuf Ali

Abstract

Dalam usaha somel terdapat masalah yang yang sering disepelekan namun sangat penting untuk di carikan solusinya yaitu tidak adanya pengolahan limbah yang dapat bernilai ekonomis dari usaha pemotongan kayu tersebut. Limbah kayu biasanya hanya dijadikan kayu bakar dan bahkan limbah tersebut hanya hancur termakan rayap. Mitra dalam kegiatan PKM ini yaitu usaha “Ambo Dallle” di Jalan poros Batu-Batu Kabupaten Soppeng. Tujuan Kegiatan ini untuk membantu mitra dalam melakukan proses pemanfaatan limbah kayu dengan menggunakan mesin pemotong yang cepat dan aman, serta meningkatkan penghasilan dari pemanfaatan limbah. Kegiatan ini dilaksanakan selama 8 (delapan) bulan. Metode Pelaksanaan yang dilakukan dalam kegiatan PKM ini adalah metode pendidikan, metode pelatihan produksi, penggunaan alat dan pendampingan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggiat usaha limah kayu mampu meningkatkan hasil ekonomi mereka dan mampu mengoperasikan mesin baru guna meningkatkan produksi mitra.

Full Text:

PDF

References

Fasha, E. F., Z, U. C., & Suprapto, Y. (2017). MODEL PEMBERDAYAAN PENGRAJIN KAYU DALAM PEMBUATAN EDUCATION TOYS. ADI WIDYA Jurnal, 1(1), 141–145. https://doi.org/10.1002/ejsp.2570

Gumulya, D. (2018). PEMANFAATAN LIMBAH KAYU PADA BENGKEL MEBEL KAYU DI CURUG KARANGANYAR DENGAN PENERAPAN PRINSIP CO-DESIGN PADA PERANCANGAN DO IT YOUR SELF KIT MAINAN KAYU. Journal of Art, Design, Art Education and Culture Studies, 3(1), 28–34.

Hermita, R. (2016). PENGOLAHAN LIMBAH SERBUK KAYU MENJADI BAHAN MEBEL. Jurnal Proporsi, 2(1), 1–12.

Janah, F. M. (2019). Pemanfaatan Limbah Plastik Dan Limbah Kayu Sebagai Bahan Komposit Kayu Plastik Untuk Melapisi Produk Interior Dan Eksterior Pada Rumah Tangga, 1–5.

Khutobah, Budyawati, Il. P. I., & Finali, Z. (2018). Pemanfaatan Limbah Produksi Mebel Menjadi Alat Permainan Edukatif Dengan Pemasaran Berbasis Website di Desa Kemuning Lor Jember Tahun 2017. E-Journal Warta Pengabdian, 11(4), 177–185.

Purwati, S., Soetopo, R. S., & Yusuf, S. (2006). Industri Pulp Dan Industri Pulp Dan Kertas Kertas. Jurnal BS, 41(2), 68–79.

Ramadhan, M. B. (2011). Pemanfaatan limbah kayu untuk Perancangan casing produk information technology dengan pendekatan konsep retro.

Sutarman, I. W. (2016). Pemanfaatan Limbah Industri Pengolahan Kayu Di Kota Denpasar (Studi Kasus Pada Cv Aditya). Jurnal PASTI, 10(1), 15–22.

Tika, I. N., Ayu, I. G., Agustiana, T., Agus, D., & Erawan, W. (2017). Pengolahan Limbah Serbuk Gergaji Kayu Menjadi Bata Akustik, 585–593.

Wardana, L. A., & Misdiyanto. (2019). PKM KELOMPOK INDUSTRI KREATIF “PENGRAJIN LIMBAH KAYU” UNTUKMEMPERKUAT EKONOMI LOKAL DI KECAMATAN MAYANGAN KOTA PROBOLINGGO. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1, 51–55.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.