DEMONSTRASI MENGGUNAKAN BAHAN SEDERHANA UNTUK MENGENALKAN REAKSI KIMIA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Yunita Arian Sani Anwar, Sukib Sukib, Mutiah Mutiah, Jackson Siahaan, Syarifa Wahidah Al Idrus

Abstract


Kegiatan pengabdian pada masyarakat dilatarbelakangi oleh masalah yang timbul di sekolah dasar terkait pelajaran IPA. Guru mengalami kesulitan menjelaskan materi IPA terkait keterlibatan senyawa kimia karena selama ini melihat IPA sebagai kumpulan biologi dan fisika. Pengabdian ini dilaksanakan di SDN 45 Mataram dan SDN Percobaan 01 Ampenan. Secara umum hasil pengabdian memberikan pengalaman kepada guru dan siswa untuk memahami reaksi kimia di sekitar mereka. Motivasi dan aktivitas siswa dan guru menjadi meningkat setelah pelaksanaan demonstrasi sehingga harapan guru kegiatan seperti ini dapat terus dilanjutkan.

Full Text:

PDF

References


Achmad, H & Baradja, L. 2012. Demonstrasi Sains Kimia: Kimia Deskriptif Melalui Demo Kimia. Bandung: penerbit Nuansa.

Bennett, J., Gräsel, C., Parchmann, I., & Waddington, D. 2005. Context-based and Conventional Approaches to Teaching Chemistry: Comparing teachers’ views. International Journal of Sci¬ence Education. 27(13), 1521-1547.

Browman K, Ekborg M, Johnels. 2011. Chemistry in crisis? Perspectives on teaching and learning chemistry in Swedish upper secondary schools. NORDINA. 3(1), 73-78.

Drechsler, M. 2007. Models in chemistry education: A study of teaching and learning acids and bases in Swedish upper secondary schools. Karlstad University, Karlstad.

Logar, A., Peklaj, C., & Savec, V.F. 2017. Effectiveness of student learning during experimental work in primary school. Acta Chim Slov. 64, 661-671.

Parchmann, I., Gräsel, C., Baer, A., Nentwig, P., Demuth, R., & Ralle, B. 2006. „Chemie im Kontext“: A symbiotic implementation of a context-based teaching and learning approach. International Journal of Science Education. 28(9), 1041-1062.

Reis, R.C., & Lopes, J.G.S. 2016. Elementary school students ‘conceptions of chemical transformation. Revista Electronica de Ensenanza da las ciencias. 15(1), 24-42.

Skamp, K. 2011. Teaching Chemistry in primary science: what does the research suggest? Teaching Science: The Journal of The Australian Science Teachers Association. 57(4), 37-43.

Wuu, C., & Foos, J. 2010. Making Chemistry Fun to Learn. Lit Inf Comput Educ J. 1(1), 3-7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.