Sebuah Studi Fenomenologi Mengenai Aturan Pindah Ruas Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Matematika

Yosepha Patricia Wua Laja

Abstract

Studi ini dirancang untuk meneliti mengenai keesksistensian dari suatu cara atau metode penyelesaian persamaan linear dengan menggunakan aturan pindah ruas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologis. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan focus group discussion. Sumber data adalah 11 calon guru mata pelajaran matematika dan 2 guru mata pelajaran matematika yang adalah mahasiswa pascasarjana pendidikan matematika Universitas Negeri Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Analisis data menggunakan model Bokdan dan Biglend yang dilakukan dengan cara mereduksi data, mengklasifikasi data dan memverivikasi data kemudian memberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aturan pindah ruas dalam menyelesaikan persamaan linear dianggap merupakan suatu hasil kreatif para guru dalam membelajarkan matematika namun beberapa calon guru tidak menerima metode ini sebagai alternative penyelesaian persamaan linear karena cara ini dianggap ‘merusak’ hakikat matematika yang merupakan ilmu yang terstruktur.

Full Text:

PDF

References

Depdiknas. (2006). Standar Isi Mata Pelajaran Matematika SD/MI dan SMP/MTs (Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006). Jakarta: BSNP

Depdiknas. (2006). Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Model Pengembangan Silabus Mata Pelajaran SMP/MTs. Jakarta: BSNP

Bunga,dkk. (2015). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bangil. Kadikma. 6(2) : 119-130

Creswell,John W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset (Terjemahan). Yogyakarta : Pustaka Belajar

Hadiyanto, Fahrur Rozi, Hery Susanto, and Abd Qohar. (2016). Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Geometri. Conference Paper. Malang: Universitas Malang

Hall,R.D.G. (2002). An Analysis of Errors Made in the Solution of Simple Linear Equations. Philosophy Of Mathematics Education Journal 15 page (1-64).

Haryani,Desi. (2011). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA,Fakultas MIPA. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasbiansyah,O. (2005). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Terakreditasi Dirjen Dikti, SK. No. 56/DIKTI/Kep/2005.

Hutaean, Y., & Kusumawati, R. (2018, February). Pemanfaatan Permainan Android Untuk Penanaman Konsep Penyelesaian Persamaan Linear Siswa SMP Kelas VII. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Knuth, E. (2000). Understanding Connections between Equations and Graphs. The Mathematics Teacher, 93(1), 48-53. Retrieved from http://www.jstor.org/stable/27971259

Koem, Sri Wahyuni. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matriks Pada Siswa Kelas XII SMA (Suatu Penelitian di SMA Negeri 1 Sumalata Kelas XII IPA). Other Thesis. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Moustakas,Clark. (1994). Phenomenological Research Methods. New Delhi: Sage Publications.

Nurrizbaeni, N., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas X Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak. Journal on Education, 1(3), 327-336.

Oktoviani,V.,Wiris,L.,W., dan Ferdianto,Ferry. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Edumatica. 9(1): 39 - 46

Prasanti,V. M. W. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII A SMP Kanisius Kalasan Tahun Ajaran 2014/2015 dalam Menyelesaikan Soal-Soal Persamaan Linear Satu Variabel. Universitas Sana Darma.

Ramadhani. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Aljabar serta Proses Scaffolding-nya. Yang diakses melalui karya-ilmiah.um.ac.id. 1(1)

Sadida, Eky Karimatun Nisa. (2019). Penerapan media pembelajaran Quipper School untuk mengatasi Miskonsepsi siswa pada Aljabar. Undergraduate thesis. Surabaya :UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sari, Fadhila Kartika, Sudirman Sudirman, and Tjang Daniel Chandra.(2018). Proses Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3.6 (2018): 715-722

Suciyani,E. (2012). Ekuivalen: Identifikasi Kesulitan Siswa SMP dalam Melakukan Operasi Aljabar dan Menguraikan Bentuk Aljabar ke dalam Faktor. Portal Garuda. 137-149

Zain,M.,Idris,M., dan Rizal,M. (2016). Analisis Pemecahan Masalah Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. 3(3): 358-372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.