PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS CTL UNTUK MENGENALKAN BUDAYA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI
DOI:
10.29303/jmp.v5i2.10432Published:
2025-10-16Issue:
Vol. 5 No. 2 (2025): AgustusArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan bahasa anak melalui penggunaan media komik berbasis contextual teaching and learning (CTL) tema budaya rimpu Mbojo pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D pada model ADDIE dengan jumah subjek uji coba sebanyak 13 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif. Didapatkan skor rata-rata hasil uji validitas yang dilakukan oleh ahli materi dengan persentase 84% dan ahli media dengan persentase 84,3% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya hasil uji coba pengembangan tahap 1 didapatkan skor rata-rata persentase 78,4 dan pada uji coba pengembangan tahap II memperoleh skor rata-rata persentase 84,5 dengan kategori berkembang sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media komik berbasis CTL dengan tema budaya rimpu Mbojo mampu meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun.
Author Biographies
Fanis Mislannafsiah, Universitas Mataram
Baik Nilawati Astini, Universitas Mataram
Nurhasanah, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Fanis Mislannafsiah, Baik Nilawati Astini, Nurhasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).