PENGARUH PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN KERAJAAN HUTAN PADA TEMA BINATANG TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI TK PUTRA 1 MATARAM
DOI:
10.29303/jmp.v5i2.10433Published:
2025-10-16Issue:
Vol. 5 No. 2 (2025): AgustusArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: pengaruh pembelajaran bermain peran kerajaan hutan pada tema binatang terhadap perkembangan kognitif, pengaruh pembelajaran bermain peran kerajaan hutan pada tema binatang terhadap perkembangan sosial emosional, dan pengaruh pembelajaran bermain peran kerajaan hutan pada tema binatang terhadap perkembangan kognitif dan sosial emosional. Penelitian menggunakan pendekatan eksperimen dengan design one group pretest dan posttest dengan instrumen pedoman observasi teknik checklist terhadap 23 orang anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Putra 1 Mataram Tahun 2024. Hasil korelasi antara perkembangan kognitif dan perkembangan sosial emosional adalah signifikan dan uji prasyarat ditemukan memenuhi syarat analisis dengan teknik statistik t-test taraf signifikansi 5%. Hasil analisis pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) ada pengaruh pembelajaran bermain peran kerajaan hutan pada tema binatang terhadap perkembangan kognitif., 2) ada pengaruh pembelajaran bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional., 3) ada pengaruh pembelajaran bermain peran kerajaan hutan pada tema binatang terhadap perkembangan kognitif dan sosial emosional. Berdasarkan temuan-temuan dalam penelitian dapat direkomendasikan: masalahmasalah yang terjadi pada perkembangan kognitif dan perkembangan sosial emosional dapat ditangani dengan mengimplementasikan pembelajaran bermain peran kerajaan hutan pada tema binatang sebagai metode pembelajaran terhadap anak usia dini kelompok B.
Author Biographies
Lailatul Isnaini, Universitas Mataram
I Wayan Karta, Universitas Mataram
Fahruddin, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Lailatul Isnaini, I Wayan Karta, Fahruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).