PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANTARA MENGGUNAKAN MEDIA BALOK CUISENAIRE DENGAN MEDIA STICK ANGKA PADA ANAK
DOI:
10.29303/jmp.v5i2.10441Published:
2025-10-16Issue:
Vol. 5 No. 2 (2025): AgustusArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang ditemukan pada saat observasi yaitu mengenai kemampuan mengenal konsep bilangan di kelompok A RA AlIkhlas yang belum berkembang secara optimal. Beberapa anak masih belum mampu mengenal lambang bilangan, mengurutkan bilangan, serta belum sinkronnya dalam penyebutan bilangan dengan lambang bilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan mengenal konsep bilangan antara menggunakan media balok cuisenaire dengan media stick angka di kelompok A RA Al-Ikhlas Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen, jenis penelitian menggunakan non equivalent control group design dengan pola pretest, treatment, dan posttest. Sampel yang digunakan sebanyak 27 anak yang kemudian dibagi menjadi kelompok eksperimen sebanyak 14 anak, dan kelompok kontrol sebanyak 13 anak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh hasil t hitung = 3,181 > t tabel = 2,080 pada taraf signifikansi 5% dengan db (25) artinya hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan mengenal konsep bilangan antara menggunakan media balok cuisenaire dengan media stick angka di kelompok A RA Al-Ikhlas Kecamatan Panyileukan Kota Bandung
Author Biographies
Renida Nabila Auliannisa, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
Yuyun Yulianingsih, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
Syam'iyah, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
License
Copyright (c) 2025 Renida Nabila Auliannisa, Yuyun Yulianingsih, Syam'iyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).