PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA KETANGGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

Syipa'ul Faedah , Sukardi , M. A. Muazar Habibi

DOI:

10.29303/jmp.v5i2.10442

Published:

2025-10-16

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2025): Agustus

Articles

Downloads

How to Cite

Faedah, S., Sukardi, & Habibi, M. A. M. (2025). PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA KETANGGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(2), 167–172. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i2.10442

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Kemampuan mengenal huruf awal merupakan keterampilan yang sangat penting untuk ditingkatkan dalam berbahasa, hal ini dikarenakan mengenal huruf menjadi dasar bagi anak-anak dalam proses menulis dan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh media pop up book terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk preeksperimen dengan rancangan desain the one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi kelompok B di TK Dharma Wanita Ketangga tahun ajaran 2024/2025. Penentuan sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling atau pengambilan sampel secara acak. Instrumen penelitian ini menggunakan tes berbentuk pernyataan yang telah memenuhi kualitas instrumen. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan uji paired sample test. Hasil kajian diperoleh nilai t 4.332 dengan probabilitas 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pop up book terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B.

Author Biographies

Syipa'ul Faedah, Universitas Mataram

Sukardi, Universitas Mataram

M. A. Muazar Habibi, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Syipa'ul Faedah, Sukardi, M. A. Muazar Habibi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)