PENGEMBANGAN TEKNIK MOZAIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI TK ISLAM

Fahruddin Fahruddin, Nurhasanah Nurhasanah, Baik Nilawati Astin, Laela Rizki Fitriana

Abstract

Mengacu pada fenomena yang terjadi di lapangan, maka peneliti melakukan pengamatan di TK Islam Nurul Iman Sekarbela. Hasil pengamatan pada kegiatan awal bahwa anak kelompok B pada kesiapan anak 7 dari 15 murid kelas A tersebut memiliki masalah pada perkembangan motorik halus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan teknik mozaik guna meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok B di TK Islam Nurul Iman Sekarbela. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian berjumlah 7 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap ke-1, nilai rata-rata yang dicapai oleh ke-7 subyek penelitian adalah sebesar 79,6%. Pada tahap ke-2, nilai rata-rata yang dicapai oleh ke-7 subyek penelitian pada tahap ini sebesar 80,57%. Pada tahap ke-3, terdapat nilai rata-rata yang dicapai pada tahap ini sebesar 87,66%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan teknik mozaik dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok B di TK Islam Nurul Iman Sekarbela.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

A.T, S. (2015). Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mosaik Pada Anak Kelompok B Di TK Pamardisiwi Muja-Muju Yogyakarta.

Avivah, B. N. (2017). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Kelompok B2 Melalui Teknik Mozaik Di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Intan Nursayyidah Wahyudi, I. N. (2018). Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2301-9905 Volume 7, No. 2.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2014). Permendikbud No.137.

Khotimah, L. I. (2017). Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B. Jurnal PAUD TERATAI, 20.

Mansur. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muchasanah, T. (2015). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menempel Menggunakan Teknik Mozaik Pada Anak Kelompok B2 Taman Kanak- Kanak Aba Kricak Kidul 61 Yogyakarta.

Puri Aquarisnawati, D. M. (2011). Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Bender Gestalt Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.