PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DESA SURADADI KECAMATAN TERARA KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN 2020

Authors

Hilda Wardani , Baik Nilawati Astini , Ika Rachmayani , I Made Suwasa Astawa

DOI:

10.29303/jmp.v1i1.2884

Published:

2021-08-23

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2021): Februari

Keywords:

ular tangga, motorik kasar

Articles

Downloads

How to Cite

Wardani, H., Astini, B. N., Rachmayani, I., & Astawa, I. M. S. (2021). PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DESA SURADADI KECAMATAN TERARA KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN 2020. Jurnal Mutiara Pendidikan, 1(1), 7–11. https://doi.org/10.29303/jmp.v1i1.2884

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui permainan ular tangga yang tepat untuk meningkatkan motorik kasarà anakà usia 4-5 tahun di Desa Suradadi Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur.à Penelitian ini menggunakan dua belas langkah-langkah dalam bermain ular tangga yang mampu meningkatkan motorik kasar anak usia 4-5 Tahun di Desa Suradadi Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur Tahun 2020. ààPenelitian pengembangan dengan mengacu pada pendapat Borg & Gall. Subjek penelitian ialah anak usia 4-5 tahun di Desa Suradadi Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur tahun 2020. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Penelitian menggunakan tiga tahap pengembangan dengan enam kali pertemuan. Setiap tahap terjadi peningkatan dengan cara memodifikasi alat dan bahan, langkah-langkah main, serta aturan main. Hasil yang diperoleh pada tahap pengembangan I memperoleh nilai persentase sebesar (40,2%), pada tahap pengembangan IIà meningkat lagi mencapaià (62,8%), di tahap pengembangan III (pertemuanà terakhir) sebesar (85,8%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui dua belas langkah bermain permainan ular tangga dapat meningkatkan motorik kasar anak usia 4-5 Tahun di Desa Suradadi Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur, NTB Tahun 2020

References

Agnaita, 2017. Perkembangan Fisik Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no.137 Tahun 2014 (kajian konsep perkembangan anak), vol 3(2). Yogyakarta: Universitas Kalijaga Yogyakarta. Diakses 14 Oktober 2020 pukul 19:33.

Anggraini, Dito Purbo. 2018. Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Ular Tangga Kreatif Pada Anak Kelompok B PAUD PKK Plosorejo Kecamatan Gampangrejon Kabupaten Kediri, Skripsi: Universitas Nusantara PGRI Kediri

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Decaprio, 2017. Panduan Mengembangkan Kecerdasan Motorik siswa, Yogyakarta : Diva press

Jamaris, Martini 2017. Pengembangan Instrumen Buku Kecerdasan Jamak AnakUsia Dini, Volume 25. Bogor: Ghalia Indonesia

Kristanto, 2015. Upaya meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar ( Keseimbangan Tubuh) anak melalui permainan Tradisional Egklek Di Kelompok B Tunas Rimba ll, Semarang, Jurnal Penelitian PAUDIA

Novitasari dkk, 2019. Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqqah Kabupaten Rejang, Vol. 4. Bengkulu: Universitas Bengkulu. Diakses 14 Oktober 2020 pukul 19:54.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Pratiwi, 2017. Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, volume 5, Gorontalo: Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo. Diakses 14 Oktober 2020 pukul 19:50.

Selfiana, 2019. Peningkatan kemampuan Motorik Kasar Melalui Permaianan Tradisional Jawa Barat kelompok B di TK RA El-Hurriyah Cikarang Utara, Skripsi: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Sudono, 2006. Sumber Belajar Dan Alat Permainan, Jakarta: PT Grasindo

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, 2012. Metode Pengembangan Fisik, Banten: Universitas Terbuka

Swastrini dkk, 2016. Penerapan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 Di Tk Widya Sesana Sangsit, Volume 4. Bali: Unversiitas Ganesha. Diakses 14 Oktober 2020 pukul 20.08.

Syamsuardi, 2012. Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE)di Taman Kanak-kanak Polewali, Voleume. Bone: Paud Fip UNM. Diakses 14 Oktober 2020 pukul 20.00.

Tilong, 2016. Aktivitas Pendongkrak Kinerja Otak Kanan & Kiri Anak, Yogyakarta: Laksana

Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Pusat Penelitian Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian Dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.

Author Biographies

Hilda Wardani, Universitas Mataram

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Baik Nilawati Astini, Universitas Mataram

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Ika Rachmayani, Universitas Mataram

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

I Made Suwasa Astawa, Universitas Mataram

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

License

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.