MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MEWARNAI MELALUI KEGIATAN STEMPEL DARI BAHAN TUMBUHAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
DOI:
10.29303/jmp.v1i1.2885Published:
2021-08-23Issue:
Vol. 1 No. 1 (2021): FebruariKeywords:
Kreativitas mewarnai, stemple, bahan tumbuhanArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Kreativitas sangat penting untuk dikembangkan hal ini karena upaya anak untuk mengembangkan diri dan memecahkan masalah membutuhkan kreativitas. Kurangnya kemampuan mengekspresikan diri sehingga anak belum mampu mengembangkan kreativitas yang terdapat di Desa Seteluk sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan kreativitas mewarnai melalui kegiatan stempel dari bahan tumbuhan pada anak usia 5-6 tahun di Desa SetelukÃÂ Kecamatan Seteluk tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Subyek penelitian ini berjumlah 6 orang anak usia 5-6 tahun di Desa Seteluk Tengah Kecamatan Seteluk. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Penelitian ini menggunakan uji pretest. Hasil yang diperoleh pada tahap uji pretest yang dilihat dari indikator yang belum berkembang sebesar dari hasil kelompok (41,10%) kemudian dilakukan evaluasi dari indikator yang belum berkembang yaitu anak belum membuat gambar bebas dari imajinasinya sendiri, anak belum mampu menggabungkan warna yang telah di buat untuk kegiatan stempel sehingga dilakukannya pemberian penguatan dan modifikasi alat serta bahan dengan memperbanyak bentuk stempel kemudian terjadi peningkatan pada uji post test memperoleh nilai sebesar (92,17%) kesimpulan subyek mengalami perkembangan kreativitas mewarnai melalui kegiatan stempel dari bahan tumbuhan pada anak usia 5-6 tahun.References
Adhani, D,N., Nina, H,. Imroââ¬â¢atun, H. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain warna. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 4 (1).[online] https://journal.trunojoyo.ac.id. 2020-01-29..
Ardita Destian., Sri Saparahayuningsih., & Membyarlalli. (2016). Upaya Peningkatan Kreativitas Seni Rupa Anak Melalui Pencetakan Media Asli. Skripsi UM. [online] http://library.um.ac.id. 2020-01-09.
Aprinaida, D.N. (2015). Pengembangan Model Pelatihan Motivasi Berprestasi untuk Guru Madrasah Aliyah Negeri di Kota Mataram.Program Studi Magister Administrasi Pendidikan.Universitas Mataram.[online] http://jipp.unram.ac.id. 2020-01-09.
Chasanah Windi Husantun. 2011. Pengembangan buku panduan belajar mewarnai dengan bahan alam dalam pembelajaran seni rupa di TK. Artgaikel Universitas Negeri Malang. [online] http://jurnal-online.um.ac.id. 2020-01-11.
Fitriani. 2017. Pengembangan Kreativitas Anak di PAUD Alam Al- Mutaqin. Skripsi Universitas Lampung. [online] http://jurnal.fkip.unila.ac.id. 2020-01- 09.
Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Luluk Asmawati, (2014). Perencanaan Pemblajaran PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. [online] http://eprints.ums.ac.id. 2020-01-29.
Marna Syafrida. (2018). Peningkatan kreativitas anak melalui media cetak buah-buahan. Skripsi IICET. [online] https://jurnal.iicet.org. 2020-01-28.
M.Nur Ghufron & Rini Risnawati ,2017. Teori-Teori Psikologi, Ar-ruzz media.
Muazar, Habibi. 2015.Kreativitas Dan Pengembangannya. Yogyakarta : deepublish.
Ramadani, S., Pransiska, R., & Wirman, A. 2019. Pengaruh Kegiatan Menstempel Dengan Spons Terhadap Kreativitas Pencampuran Warna. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 95-104. [online] https://ejournal.unib.ac.id. 2020-01-28.
Retno Muninggar. Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Mencetak Pada Kelompok B di TK Pertiwi Caturaharjo. Skripsi UNY. [online] https://eprints.uny.ac.id. 2020-01-10.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Utami Munandar. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.
Author Biographies
Marisa Fattahna, Universitas Mataram
I Made Suwasa Astawa, Universitas Mataram
Muazar Habibi, Universitas Mataram
Ika Rachmayani, Universitas Mataram
License
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).