PENGEMBANGAN PERMAINAN UNO STACKO TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Olyvia Vilanova Timur Saputri, Baik Nilawati Astini, Nurhasanah Nurhasanah, Ika Rachmayani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan uno stacko dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK IT An-Nahl Mataram tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan tiga tahap pengembangan penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi/refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 18 anak berusia 5-6 tahun. Metode pengumpulan data dalam penelitian yaitu metode observasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Kemampuan kognitif anak dapat dikembangkan melalui permain uno stacko dengan langkah-langkah: (1) Menyiapkan alat permainan uno stacko seperti balok dan dadu (2) Pemain duduk berkelompok terdiri dari 4-5 orang (3) Pemain menyusun balok dengan cara ditumpuk ke atas dengan 3 balok pada tiap tumpukannya disusun menyilang dan disusun sesuai angkanya (4) Pemain yang mendapat giliran pertama memulai permainan dengan melempar dadu, dan menghitung jumlah mata dadu yang muncul (5) Pemain mengambil balok warna apa saja sesuai dengan jumlah mata dadu muncul (6) Permainan berakhir apabila menara roboh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif melalui permainan uno stacko. Peningkatan tersebut dilihat dari persentase 47,18% pada tahap pengembangan I menjadi 65,18% pada tahap pengembangan II dan pada tahap pengembangan III capaian perkembangan kognitif anak memenuhi capaian indikator keberhasilan dengan nilai rata-rata yaitu 78,98%.

Keywords

permainan uno stacko; kemampuan kognitif

Full Text:

PDF

References

Gustianih, S dan Widajati, W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivistik Bermedia Uno Stacko Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai, 5(2),118-123.

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/14929 diakses 10 Agustus 2021.

Istiqomah, Siti. 2018. Penerapan Metode Bermain Melalui Permainan Ular Tangga Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Sriwijaya Lampung Timur Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Raden Intan Lampung.

Nurhasanah. 2018. Perkembangan anak usia dini. Mataram: Arga Puji Press.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137. Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahayu, Dwi Istati. 2018. Pengembangan kognitif anak usia dini. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Roziqin, Muhammad. 2017. Pengaruh Permainan Uno Stacko Terhadap Peningkatan Fungsi Kognitif Lansia Di Griya Usila Santo Yosef Surabaya. Skripsi. Fakultas Keperawatan, Pendidikan Ners, Universitas Airlangga. Surabaya (Online)file:///D:Proposal/newww/full%20text.pdf diakses 20 Mei 2021.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widianto, Theo, Riski, Rharjo. Rosdiana Laily. 2017. Pengembangan Permainan Kartu UIPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Anak Pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup. Vol. 5, No.1. https://media.neliti.com/media/publications/252757-none-a6f7cddf.pdf diakses 15 Juli 2021.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.