PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI KECAMATAN WERA TAHUN 2021

Sinta Ainun, Fahruddin Fahruddin, Ika Rachmayani, Nurhasanah Nurhasanah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Negeri Pembina kecamatan Wera tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen Pre-experimental Design dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK negeri Pembina Kecamatan Wera, sejumlah 23 orang yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 14 perempuan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel nonprobability sampling dengan tehnik sampling purposive. Tehnik pengumpulan data berupa lembar observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis meliputi uji normalitas, uji hipotesis dan hipotesis statistik. Hasil uji normalitas diperoleh nilai signifikansi pretest 0.071 dan posttest 0,122 lebih dari (>) 0.05 artinya data berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan  penggunaan media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Wera tahun 2021. Terlihat dari nilai signifikansi kemampuan membaca permulaan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05) dengan nilai t hitung 18.40 > t tabel 1.717 yang berarti bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulannya, ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak . 

Keywords

Media Gambar; Kemampuan Membaca Permulaan Anak

Full Text:

PDF

References

Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. bandung Alfabeta. CV.

Anggraini. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV MI Miftahus Shibiyan Ngadirgo Mijen Semarang.

Asmonah, Siti. 2019. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal pendidikan anak.Vol 8 (1).

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014

Rahayu, Dika P. 2017. Pengaruh Media Cantol Roudhoh Terhadap Kemampuan Mengenal Suku Kata dan Meniru Huruf Pada AUD. Eduscope: 02.

Zein, Riwayati dkk. 2020. Pengaruh Kartu Huruf Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bhakti Bunda Padang.STKIP Adzkia Padang.Vol 3 (3).

Halimatussa’diyah, F., & Fahruddin.2017. Pengembangan Media Big Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B PAUD Tanwirul Qulub Tahun Ajaran 2016/2017.

Nurhasanah. 2018.Perkembangan Anak Usia Dini. Arga Puji Press Mataram Lombok:Lombok Barat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.