MENGEMBANGKAN FUN COOKING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH: STUDI KASUS

M.A. Muazar Habibi, Nurhasanah Nurhasanah, Ika Rachmayani, Sulistian Sulistian

Abstract

Kegiatan kreativitas yang biasanya difasilitasi di sekolah, kini anak tidak dapat lagi leluasa melakukannya di rumah. Karena angka pembelajaran selama masa covid-19 dialihkan menjadi angka daring. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di rumah untuk meningkatkan kreativitas anak adalah kegiatan Fun Cooking. Fokus penelitian ini adalah bagaimana fun cooking dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di Desa Janapria. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6  tahun melalui kegiatan fun cooking di Desa Janapria. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif  dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Desa Janapria Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok tengah dengan subjek penelitian sejumlah 5 orang anak yang berusia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan 3 menu fun cooking yakni sate buah, angkah lapis, dan coklat karakter. Alat pengumpulan data menggunakan angkahnt observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  setiap anak mencapai perkembangan kreativitas  dengan berbagai kategori penilaian. Kategori penilaian perkembangan kreativitas pada penelitian ini ada tiga yakni perkembangan kreativitas Kurang Baik (KB), perkembangan kreativitas Cukup Baik (CB), dan perkembangan kreativitas Baik (B). dari hasil penelitian yang didapatkan, maka fun cooking dapat meningkatkan kreativitas anak dengan angkah-langkah yang terdiri tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap peyelesaian.

Keywords

kreatifitas anak; fun cooking

Full Text:

PDF

References

Habibi, MA Muazar. 2020. Kreativitas dan Pengembangannya. Yogyakarta: Deepublish.

Lestari, Dwi Puji. 2019. Peningkatan Kreatifitas Melalui Funcooking pada Kelompok A RA Az Zahra Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Volume 6, Nomor 1. Halaman 18-28. April 2019.

Sari, Neti Yunita. 2018. Bermain Fun cooking Dalam Mingkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Bina Bakti Way Puji Kecamatan Rawajitu Utara Kabupaten Mesuji. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pendidikan Islam Anak Usia Dini. UIN Radenintan. Lampung

Setyawati, Dina. 2013. Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Fun cooking Di Kelompok B Tk Puspasari, Margosari, Pengasih, Kulon Progo. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.