PEMETAAN STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B

Authors

Nur Ismawati , Gunawan , Ika Rachmayani , Fahruddin

DOI:

10.29303/jmp.v3i1.4648

Published:

2023-02-07

Issue:

Vol. 3 No. 1 (2023): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Ismawati, N. ., Gunawan, Rachmayani, I., & Fahruddin. (2023). PEMETAAN STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B. Jurnal Mutiara Pendidikan, 3(1), 38–46. https://doi.org/10.29303/jmp.v3i1.4648

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Strategi pembelajaran adalah pendekatan secara menyeluruh dalam suatu sistem pembelajaran, yang berupa pedoman umum dan kerangka kegiatan untuk mencapai tujuan umum pembelajaran yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam membentuk pengalaman belajar siswa, mengatur dan merencanakan bahan ajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok B. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah subyek penelitian keseluruhan individu yang diteliti dan adapun jumlah keseluruhan guru TK yang ada di Kecamata Sekarbela berjumlah 49 guru. Maka yang akan menjadi populasi dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar anak kelompok B yang ada di Kecamatan Sekarbela berjumla 17 guru. Sampel yang digunakan sebanyak 34,6% yaitu 17 guru dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui pemberian angket dan metode wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan guru untuk meningkatkan perkembangan bahasa (keterampilan menyimak) anak kelompok B di Kecamatan Sekarbela dapat dikembangkan melalui strategi pembelajaran bercerita 39,4%, bermain 32,7% dan bernyanyi 27,9%. Dapat disimpulkan dalam penelitian ini, strategi pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok B lebih banyak ditemukan pada pembelajaran melalui bercerita dengan hasil analisis data memperoleh nilai persentase tertinggi.

Kata Kunci: strategi pembelajaran, perkembangan bahasa, kelompok B

Author Biographies

Nur Ismawati, Universitas Mataram

Gunawan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Ika Rachmayani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Fahruddin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Nur Ismawati, Gunawan, Ika Rachmayani, Fahruddin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>