PROFIL KEMAMPUAN TPACK MAHASISWA PPG DALAM JABATAN KATEGROI 1 JENJANG PAUD
DOI:
10.29303/jmp.v3i2.4800Published:
2023-02-22Issue:
Vol. 3 No. 2 (2023): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Program Profesional Guru dilaksanakan untuk menghasilkan lulusan calon guru yang memiliki kompetensi utuh yaitu unggul dan berkarakter. Kurikulum PPG mengacu pada prinsip activity based curriculum, yaitu lokakarya pengembangan perangkat pembelajaran yang merupakan implementasi dari konsep Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui profil kemampuan TPACK mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori 1 jenjang PAUD. Kemampuan TPACK yang dimiliki seorang guru kiranya berdampak besar dalam proses pembelajaran di kelas karena cara mengajar seorang guru tercermin dalam perangkat pembelajaran yang disusunnya. Oleh karena itu, diperlukan analisis kemampuan TPACK mahasiswa PPG PAUD Dalam Jabatan Kategori 1 . Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan dan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan mengikuti prinsip-prinsip dalam penelitian kualitatif, yaitu tahap reduksi data, penyajian atau organisasi data, dan verifikasi atau interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan TPACK Mahasiswa PPG pada jenjang PAUD masuk ke dalam kategori sangat baik berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh.
Author Biographies
Filsa Era Sativa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
Lalu Wira Zain Amrullah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
Aulia Dwi Amalina Wahab, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2023 Filsa Era Sativa, Lalu Wira Zain Amrullah, Aulia Dwi Amalina Wahab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).