POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DESA AIKPERAPA KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Authors

Nurul Hayati , Fahruddin , Baik Nilawati Astini

DOI:

10.29303/jmp.v4i1.5381

Published:

2024-02-22

Issue:

Vol. 4 No. 1 (2024): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Hayati, N., Fahruddin, & Astini, B. N. (2024). POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DESA AIKPERAPA KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Jurnal Mutiara Pendidikan, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.29303/jmp.v4i1.5381

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Pola asuh orang tua sangat menentukan dalam pembentukan karakter disiplin pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh orang tua utuh dan orang tua tidak utuh dalam membentuk karakter  disiplin pada anak usia 5-6 tahun Desa Aikperapa Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yaitu 2 orang tua yang terdiri dari 1 orang utuh dan 1 orang tua tidak utuh yang anaknya berusia 5-6 tahun di Desa Aikperapa. Metode pengumpulan data penelitian yang digunakan yaitu wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi.  Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh orang tua utuh memiliki pola asuh yang cenderung demokratis. Sedangkan pola asuh orang tua tidak utuh menggunakan pola asuh yang cenderung permisif.  Orang tua utuh dengan pola asuh demokratis lebih bisa membentuk karakter disiplin pada anaknya, yang mendidik dengan selalu memberikan pengertian dan peringatan kepada anak secara konsisten, memerintah serta menasehati anak tanpa ada paksaan, memberikan pengawasan, konsekuensi dan tanggung jawab, tetap menghormati kemerdekaan atau kebebasan dalam berpendapat dan menyesuaikan dengan kepribadian serta kebutuhan anaknya. memiliki kontrol terhadap anak dan menggunakan pendekatan yang hangat.

Author Biographies

Nurul Hayati, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

Fahruddin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

Baik Nilawati Astini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Nurul Hayati, Fahruddin, Baik Nilawati Astini

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>