IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH MELALUI SUDUT BACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK YARI SCHOOL PADANG

Authors

Nella Maulina , Dadan Suryana

DOI:

10.29303/jmp.v3i3.5483

Published:

2023-08-15

Issue:

Vol. 3 No. 3 (2023): Agustus

Articles

Downloads

How to Cite

Maulina, N., & Suryana, D. (2023). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH MELALUI SUDUT BACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK YARI SCHOOL PADANG. Jurnal Mutiara Pendidikan, 3(3), 102–109. https://doi.org/10.29303/jmp.v3i3.5483

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi gerakan literasi sekolah pada Anak usia 5 - 6 tahun di Taman Kanak-kanak Yari School Padang dan untuk mengetahui sudut baca pada anak usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Yari School Padang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Implementasi gerakan literasi di Taman Kanak-kanak Yari School melakukan penerapan, anak membaca buku ketika jam pelajaran, Literasi Day setiap satu bulan sekali, kegiatannya berupa anak becerita di depan teman-temannya, guru yang melakukan kegiatan mendongeng di depan anak-anak dan kunjungan ke perpustakaan daerah. Sudut baca di Taman Kanak-kanak Yari School,  terdapat sudut baca di setiap kelas usia 5-6 tahun dikunjungi anak ketika literasi jam pelajaran/ketika jam istirahat, sudut baca di kelas terdapat pencahayaan memadai, karpet untuk anak duduk membaca di sudut baca, berbagai macam buku ramah anak yang bisa dibaca dan guru juga memanfaatkan sudut baca sebagai tempat menambah ilmu untuk anak.

Author Biographies

Nella Maulina, Departemen PG-PAUD Universitas Negeri Padang

Dadan Suryana, Departemen PG-PAUD Universitas Negeri Padang

License

Copyright (c) 2023 Nella Maulina, Dadan Suryana

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).