PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK ANAK KELOMPOK B DI TK AL-YAQUT NW MATARAM TAHUN AJARAN 2023/2024
DOI:
10.29303/jmp.v4i1.5615Published:
2024-02-22Issue:
Vol. 4 No. 1 (2024): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan permainan tradisional bakiak guna meningkatkan kemampuan fisik motorik anak kelompok B. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini 24 anak kelompok B dengan usia 5-6 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah permainan tradisional bakiak dilakukan dengan 3 tahap pengembangan yang setiap tahap pengembangan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan (persiapan permainan, kegiatan main dan akhir permainan), observasi dan analisis pengembangan/refleksi. Setiap pengembangan dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik anak. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase yang diperoleh yaitu 39,6% pada tahap pengembangan I menjadi 64,2% pada tahap pengembangan II dan pada tahap pengembangan III capaian kemampuan fisik motorik anak mencapai kriteria sangat baik dengan rata-rata yaitu 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pengembangan permainan tradisional bakiak dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik anak kelompok B di TK AL-Yaqut NW Mataram tahun ajaran 2023/2024.
Author Biographies
Retno Fathanarisma, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
Nurhasanah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
Ika Rachmayani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Retno Fathanarisma, Nurhasanah, Ika Rachmayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).