PENGARUH INTERAKSI DALAM KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL ANAK KELOMPOK B DI KB MENTARI GOMONG KECAMATAN SELAPARANG KOTA MATARAM

Authors

rosmeilandari Ros Meilandari , I Nyoman Suarta , I Wayan Karta

DOI:

10.29303/jmp.v4i1.5633

Published:

2024-02-22

Issue:

Vol. 4 No. 1 (2024): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Ros Meilandari, rosmeilandari, Suarta, I. N., & Karta, I. W. (2024). PENGARUH INTERAKSI DALAM KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL ANAK KELOMPOK B DI KB MENTARI GOMONG KECAMATAN SELAPARANG KOTA MATARAM. Jurnal Mutiara Pendidikan, 4(1), 48–53. https://doi.org/10.29303/jmp.v4i1.5633

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh interaksi dalam keluarga terhadap perkembangan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal anak kelompok B di KB Mentari Gomong Kecamatan Selaparang Kota Mataram. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode penelitian expost-Facto. Teknik pengumpulan data berupa lembar angket dan observasi.

Hasil penelitian menunjukkan hipotesis pertama diperoleh nilai  sebesar -0,642 dan  pada taraf signifikansi 5% (0,05) sebesar 0,553. Maka,  lebih besar dari   (0,642 > 0,553), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi interaksi dalam keluarga berpengaruh negatif terhadap perkembangan kecerdasan intrapersonal anak kelompok B di KB Mentari Gomong Kecamatan Selaparang Kota Mataram dengan kontribusi determinan sebesar 41%..Hipotesis kedua hasil penelitian menunjukkan bahwa  lebih besar dari   (0,596>0,553), sehingga interaksi dalam keluarga berpengaruh negatif terhadap perkembangan kecerdasan interpersonal anak, serta 35% perkembangan kecerdasan interpersonal dipengaruhi oleh interaksi dalam keluarga.

Dari hasil penelitian diharapkan orangtua agar bisa mewujudkan interaksi dalam keluarga yang baik dan tidak berlebihan terhadap anak dan keluarga. Kemudian untuk guru/pendidik agar mengajarkan anak mengenai kecerdasan intrapersonal dan interpersonal sejak dini.

Author Biographies

rosmeilandari Ros Meilandari, Universitas Mataram

I Nyoman Suarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

I Wayan Karta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 rosmeilandari Ros Meilandari, I Nyoman Suarta, I Wayan Karta

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>