MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK (PjBL) SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI TK PURNAMA PAGUTAN KOTA MATARAM
DOI:
10.29303/jmp.v4i2.5656Published:
2024-06-25Issue:
Vol. 4 No. 2 (2024): JuniArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pembelajaran Berbasis Projek(PjBL) Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Di Tk Purnama Pagutan Kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development). Subjek pada penelitian ini adalah 1 guru dan 12 anak kelompok TK B. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa kualitatif deskriptif dari hasil lembar observasi. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran berbasis projek yang dilakukan oleh guru melalui 2 tahapan pengembangan, tahap I pengembangan (75%) dan tahap pengembangan II (85%) terlaksana sangat sesuai dengan sintaks pjbl persentase peningatan sebanyak (10%). Sedangkan hasil respon anak dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis projek dalam 2 tahapan pengembangan juga meningkat, pada pengembangan I (66%) dan dalam tahap pengembangan II mengalami peningkatan dengan persentase (81%) dengan jumlah peningkatan sebanyak (15%) berdasarkan persentase data, maka respon anak pada pelaksanaaan pembelajaran berbasis projek berkembang sesuai harapan.
Author Biographies
Lamya Kausari, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
Baik Nilawati Astini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
Baiq Nada Buahana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Lamya Kausari, Baik Nilawati Astini, Baiq Nada Buahana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).