PENGARUH KEGIATAN SAINS PERMULAAN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI KELOMPOK B TK PGRI 26 TEBABAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

Rafidatun Nafis , Nurhasanah , Ni Luh Putu Nina Sriwarthini

DOI:

10.29303/jmp.v4i2.7185

Published:

2024-06-25

Issue:

Vol. 4 No. 2 (2024): Juni

Articles

Downloads

How to Cite

Nafis, R., Nurhasanah, & Sriwarthini, N. L. P. N. (2024). PENGARUH KEGIATAN SAINS PERMULAAN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI KELOMPOK B TK PGRI 26 TEBABAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Jurnal Mutiara Pendidikan, 4(2), 98–107. https://doi.org/10.29303/jmp.v4i2.7185

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh dari penerapan kegiatan sains permulaan terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di TK PGRI 26 Tebaban pada tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan desain pretest post-test control group dengan perlakuan berupa kegiatan mewarnai sayuran sawi dan bunga pacar air serta menanam biji kacang hijau. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yaitu penelitian yang mengambil sampel dari keseluruhan populasi yang ada yaitu siswa kelompok B1 dan B2 yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas dengan teknik Shapiro-Wilk yang menghasilkan nilai sig > 0,05 dan uji homogenitas dengan teknik Levene’s Test yang menghasilkan nilai sig < 0,05. Hasil analis data menunjukkan data berdistribusi normal dan tidak homogen. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas diterapkanlah uji statistik dengan teknik uji t two-sample assuming unequal variances. Uji statistik menghasilkan nilai thitung sebesar 5,37 dan ttabel sebesar 2,08 serta nilai p-value pada penelitian ini adalah 0,000029 dengan nilai α sebesar 0,05. Pengujian statistik menunjukkan thitung > ttabel dan p-value < α sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti kegiatan sains permulaan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di TK PGRI 26 Tebaban Tahun Ajaran 2023/2024.

Author Biographies

Rafidatun Nafis, Universitas Mataram

Nurhasanah, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Rafidatun Nafis, Nurhasanah, Ni Luh Putu Nina Sriwarthini

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>