Pengaruh Media Timang Terhadap Kemampuan Numerik Anak

Authors

Eka Cahya Maulidiyah , Kartika Rinakit Adhe , Melia Dwi Widayanti , Dhian Gowinda Luh Safitri , Dewi Rahmawati , Siti Zairina Nashirah , Syafira Sagita Handriani , Rizka Anugrah Syakira

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.8634

Published:

2025-02-28

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Maulidiyah, E. C., Adhe, K. R., Widayanti, M. D., Safitri, D. G. L., Rahmawati, D., Nashirah, S. Z., … Syakira, R. A. (2025). Pengaruh Media Timang Terhadap Kemampuan Numerik Anak. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 16–27. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8634

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kemampuan numerik pada anak menjadi hal yang mendasar dalam kehidupan anak di masa berikutnya. Rendahnya kemampuan numerik pada anak usia 4-5 tahun menyebabkan anak kesulitan untuk dapat mengenal simbol angka di sekitarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media Timang (Timbangan angka) terhadap kemampuan numerik anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari media Timbangan angka terhadap kemampuan numerik anak usia 4-5 tahun. Penelitian dilakukan di TK Taman Ananda, Wiyung Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-experimental design dengan bentuk desain one group pretest-posttest design. Terdapat pre test dan post test pada satu kelompok yang sama untuk mengukur hasil sesuai dengan treatment yang diberikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh dari media “Timang” (Timbangan angka). Nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.007, yang berarti kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari media alat permainan Timang terhadap kemampuan berpikir simbolik numerik pada anak. Hal tersebut membuktikan bahwa media Timang memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir simbolik numerik seperti menghitung bilangan dengan benda konkrit, mencocokkan jumlah benda, dan menghitung benda 1-10 pada kelompok A usia 4-5 tahun.

License

Copyright (c) 2025 Eka Cahya Maulidiyah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).