Evaluasi Capaian Standar Isi dan Proses Penyelenggaraan PAUD di Kecamatan Satar Mese Utara Manggarai

Authors

Fransiskus De Gomes , Maria Irawati Woda

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.8637

Published:

2025-02-28

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Gomes, F. D., & Woda, M. I. (2025). Evaluasi Capaian Standar Isi dan Proses Penyelenggaraan PAUD di Kecamatan Satar Mese Utara Manggarai. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 50–61. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8637

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penyelenggraan PAUD di Kecamatan Satar Mese Utara Kabupaten Manggarai NTT masih berkutat dengan masalah proses pembelajaran berfokus pada baca- tulis-hitung, kompetensi pendidik masih rendah, kondisi sarana dan prasarana masih terbatas. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi capaian standai isi dan proses penyelenggaran PAUD di Kecamatan Satar Mese Utara. Penelitian ini menggunakan evaluasi discrepancy model pada 16 Satuan PAUD. Pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, Satuan PAUD di Kecamatan Satar Mese Utara telah memenuhi standar isi yang dibuktikan dengan pengembangan muatan materi pembelajaran, daftar tema dan sub-sub tema materi pembelajaran disusun dengan memerhatikan prinsip pembelajaran PAUD. Kedua, proses pembelajaran belum memenuhi standar proses yang dibuktikan dengan: (1) ada kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam dokumen pengembangan muatan materi pembelajaran yang tidak terakomodir dalam Program Semester. (2) Rencana kegiatan yang dideskripsikan pada RPPM belum menunjukkan variasi ragam dan aktivitas main anak untuk menjamin kemerdekaan anak dalam bermain. (3) Sebagian indikator penilaian perkembangan anak tidak sesuai dengan aktivitas pembelajaran. (4) Proses pembelajaran belum memenuhi tahapan pendekatan saintifik secara utuh. (5) Proses pembelajaran belum sesuai dengan RPPH. (6) Kepala sekolah belum melakukan tindak lanjut dari temuan supervisi pembelajaran.

License

Copyright (c) 2025 Fransiskus De Gomes, Maria Irawati Woda

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).