Pengaruh Media Wayang Kertas Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun RA Islam Terpadu Thoyyibah Kerasaan I

Authors

Yuni Safitri , Srinahyanti , Fitriani Rahmawati

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.8640

Published:

2025-02-28

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Safitri, Y., Srinahyanti, & Rahmawati, F. (2025). Pengaruh Media Wayang Kertas Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun RA Islam Terpadu Thoyyibah Kerasaan I. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 510–519. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8640

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah Keterampilan berbicara yang belum optimal, pengucapan kata, kalimat, dan huruf masih banyak anak yang belum jelas pengucapannya, serta anak belum bisa menjawab apa yang telah didengarkan pada saat selesai melakukan kegiatan, Media wayang kertas belum pernah di gunakan di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media wayang kertas terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di RA Islam Terpadu Thoyyibah Kerasaan 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode eksperimen dengan bentuk One-Grup Pretest-Posttest. Desain dengan bentuk Pre-Eksperimental Design yang terdapat Pretest (sebelum diberi perlakuan) dan posttest (setelah diberi perlakuan). Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas B di RA Islam Terpadu Thoyyibah Kerasaan 1 dengan sampel 16 orang anak. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar obeservasi. Teknik analisis data menggunakan stantistik non-parametrik uji Wilcoxon. Dari hasil pengumpulan dari Pre-test terdapat nilai rata-rata 8 dengan sampel sebanyak 16 anak dan berada pada kategori Cukup. Kemudian pada perhitungan keterampilan berbicara anak dengan Post-test atau diberi menggunkan media wayang kertas terdapat nilai rata-rata 14 dengan sampel sebanyak 16 anak dan berada pada kategori Sangat Baik. Berdasarkan analisis data tersebut, maka dapat dikatakan bahwa penggunaan metode bernyanyi dalam proses kegiatan belajar terkhusus dalam mengenal huruf dapat berpengaruh signifikan. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis pada tabel 4.4 dapat disimpulkan bahwa Jhitung < Jtabel dimana 7 < 30, dengan demikian maka hipotesis diterima. Artinya “ada pengaruh media wayang kertas terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun RA Islam Terpadu Thoyyibah Kerasaan 1”.

License

Copyright (c) 2025 Yuni Safitri, Srinahyanti, Fitriani Rahmawati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).