Meningkatkan Motorik Halus melalui Kegiatan Edu Flanel di Taman Kanak-kanak
DOI:
10.29303/jmp.v5i1.8647Published:
2025-02-28Issue:
Vol. 5 No. 1 (2025): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas kegiatan Edu Flanel dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan partisipan sebanyak 17 anak usia 5-6 tahun dari TK Wanda Preschool. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif dan penggunaan Kuesioner Motorik Halus. Data dianalisis melalui analisis deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi perubahan dalam keterampilan motorik halus setelah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Edu Flanel efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini di TK Wanda Preschool. Pada siklus pertama, dari 17 anak yang diamati, sebanyak 9 anak (53%) mampu memotong kertas flanel, 10 anak (59%) mampu melipatnya, dan 11 anak (65%) mampu menempelnya. Pada siklus kedua, jumlah anak yang mampu melakukan ketiga aktivitas tersebut meningkat signifikan, yaitu 13 anak (76%) mampu memotong, 14 anak (82%) mampu melipat, dan 15 anak ( 88%) mampu menempel kertas flanel. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus pada anak-anak selama periode pengamatan, yang dapat diinterpretasikan sebagai hasil dari intervensi atau latihan yang dilakukan selama siklus pengamatan. Penelitian ini memberikan landasan untuk penelitian lebih lanjut dan pengembangan praktik pendidikan yang mendukung perkembangan anak secara optimal. Interaksi aktif dengan materi Edu Flanel juga meningkatkan minat belajar anak-anak. Implikasi penelitian ini mendukung penggunaan kegiatan berbasis flanel dalam kurikulum prasekolah untuk merangsang perkembangan motorik halus anak-anak secara holistik.
License
Copyright (c) 2025 Nirwana, Sadaruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).