Tinjauan Deskriptif Pengembangan Desain Kurikulum melalui Internalisasi Nilai Estetik-Empirik Pendidikan Musik
DOI:
10.29303/jmp.v5i1.8649Published:
2025-02-28Issue:
Vol. 5 No. 1 (2025): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Artikel ini mengetengahkan tinjauan deskriptif karya disertasi penulis yang diselesaikan pada tahun 2019 di Program Studi Pendidikan Umum dan Karakter, Universitas Pendidikan Indonesia. Topik diskusi akan memfokuskan pada ruang lingkup internalisasi nilai estetik-empirik yang merepresentasikan kapasitas calon pendidik/guru dengan tujuan utamanya adalah pengembangan desain kurikulum pendidikan musik di UPI Kampus Serang. Metode descriptive review digunakan dalam tulisan ini untuk mendeskripsikan penelitian tersebut, dengan fokus pada bagaimana penelitian tersebut dilakukan, apa yang ditemukan dan apa implikasinya terhadap konteks pendidikan, khususnya yang dilaksanakan di lokasi penelitian. Hasil yang diperoleh berupa gambaran spesifik yang menunjukkan; 1) keterlaksanaan kurikulum yang menggabungkan antara kurikulum konseptual UPI Kampus Serang dengan kurikulum aktual masyarakat, dan 2) pengembangan kurikulum terhadap pendidikan seni (musik) yang didesain dengan proses transmisi kultural dan proses integrasi personal serta digabung dengan kurikulum aktual masyarakat. Diharapkan tulisan ini dapat memantik para pengkaji lainnya agar dapat lebih memperkaya khasanah pendidikan seni musik dengan kesiapan rancangan kurikulum yang menjadi trigger utama para pendidik dan praktisi dalam pengimplementasiannya di semua tingkat satuan pendidikan.
License
Copyright (c) 2025 Yulianti Fitriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).