Analisis Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Project Based Learning (PjBL)
DOI:
10.29303/jmp.v5i1.8650Published:
2025-02-28Issue:
Vol. 5 No. 1 (2025): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Profil Pelajar Pancasila merupakan dimensi pendidikan pembelajaran yang dapat mengembangkan desain pembelajaran pelajar yang mampu berpikir kritis, komprehensif, dan bangga dengan jati dirinya sebagai anak Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penguatan Profil Pelajar Pancasila pada anak usia 4-5 tahun dan untuk mengetahi penerapan Project Based Learning (PjBL) terhadap penguatan profil pelajar pancasila di TK Permata Bunda Kota Langsa. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan subjek anak didik usia 4-5 tahun dan 2 guru TK Permata Bunda. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu gambaran Profil Pelajar Pancasila pada anak lebih ditonjolkan pada dimensi mandiri dan kreatif disesuaikan dengan projek yang dilakukan. Kemudian, pada hasil penerapan Project Based Learning (PjBL) terhadap penguatan profil pelajar pancasila pada anak kelompok telah dilaksankan 3 projek di yaitu 1) Aku Cinta Indonesia, dengan tema memilih baju adat sesuai dengan pilihan anak dan dilakukan monitoring ketika kegiatan karnaval. Kemudian 2) Bermain dan Bekerja sama dengan tema projek pentas seni akhir tahun dan di monitoring langsung pada saat kegiatan tersebut, serta projek yang sedang berjalan saat ini yaitu 3) “Aku cinta Bumi” dengan tema projek menanam sayur kangkung
License
Copyright (c) 2025 Veryawan, Ade Tursina, Saptiani, Nazmi Kamilla

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).