Efektivitas Metode At-Tabyan Dalam Meningkatkan Aspek Nilai Agama dan Moral Anak Pada Kelompok B PAUD Terpadu Tahfidz Amin Khotbah Banjarmasin

Authors

Sakerani , Inayah Lisa Adah

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.8651

Published:

2025-02-28

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Sakerani, & Adah, I. L. (2025). Efektivitas Metode At-Tabyan Dalam Meningkatkan Aspek Nilai Agama dan Moral Anak Pada Kelompok B PAUD Terpadu Tahfidz Amin Khotbah Banjarmasin. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 407–413. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8651

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Mewujudkan generasi Islami dapat dimulai dari usia dini, dimana mereka masih dalam fase golden age, pendidikan dan metode pembelajaran pada anak usia dini dinilai sangat penting dalam perkembangan nilai agama dan moral anak. Pendidikan yang baik juga membantu anak usia dini dalam memahami teori maupun praktek dari Al Qur'an dan Hadist. Metode At-Tibyan merupakan metode yang cocok untuk tugas tersebut, dimana melalui pembiasaan kegiatan islami yang sesuai Al-Qur'an dan Hadist, diharapkan mereka mampu meningkatkan aspek nilai agama dan moral anak. Metode penelitian tentang Efektivitas Metode At-Tibyan dalam meningkatkan aspek Nilai Agama dan Moral pada kelompok B PAUD Terpadu Tahfidz Amin Khothab Banjarmasin ini dilakukan melalui metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian observasi kegiatan para murid saat dilingkungan sekolah dan wawancara orang tua murid 12 orang serta 4 orang guru PAUD. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan aspek nilai agama dan moral anak dari kesesuaian dengan standar permendikbud no.137.

License

Copyright (c) 2025 Sakerani, Inayah Lisa Adah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).