Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini
DOI:
10.29303/jmp.v5i1.8652Published:
2025-02-28Issue:
Vol. 5 No. 1 (2025): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan media YouTube terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di TK Hijraturrasul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi experiment dengan rancangan Posttest Only control group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu anak kelompok B di TK Hijraturrasul yang terdiri dari dua kelompok. Teknik pengambilan sampel yaitu sempel random sampling setelah penyepadanan kelas. Sampel yang dipilih dua kelompok yaitu kelompok B1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 13 anak dan kelompok B2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 13 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, berbentuk instrumen observasi yang telah memenuhi persyaratan instrumen penelitian. Keseluruhan data dianalisis secara kuantitatif menggunakan statistik parametrik dengan bentuan SPSS 29.0 for windows karena memenuhi persyaratan analisis. Berdasarkan hasil statistika deskriptif data penelitian menunjukkan kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan media YouTube terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia dini.
License
Copyright (c) 2025 Wahdatul Refki, Sukardi, Ika Rachmayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).