Pengembangan Media Creativity Box untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Mataram

Authors

Fadiyah Irsyana , I Nyoman Suarta , M. A. Muazar Habibi , Fahruddin

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.8653

Published:

2025-02-28

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Irsyana, F., Suarta, I. N., Habibi, M. A. M., & Fahruddin. (2025). Pengembangan Media Creativity Box untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Mataram. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 391–397. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8653

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan media creativity box untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan pada anak kelompok B. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development. Subyek penelitian berjumlah 25 anak yang ada di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Mataram. Metode pengumpulan data yang digunakan metode observasi & dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Adapun tahap dalam permainan creativity box adalah 1. Guru mengarahkan anak untuk duduk membentuk lingkaran, 2. Kemudian guru menjelaskan guru tentang media creativity, 3. Anak satu persatu menyebutkan symbol-simbol huruf, 4. Anak menyebutkan huruf awal sesuai dengan gambar yang diperlihatkan, 5. Anak menyusun nama-nama benda menggunakan kartu kata dan mengelompokkan huruf awal yang sama, 6. Anak membaca kata benda yang telah disusun, 7. Terakhir, anak menuliskan kata tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media creativity box yang dihasilkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase yang dihasilkan berdasarkan uji produk oleh ahli. Kemampuan membaca dan menulis permulaan anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Mataram mengalami perkembangan dengan persentase yang dihasilkan pada tahap pengembangan I sebesar 45,5% sedangkan pada tahap pengembangan II sebesar 91,7 %. Dapat disimpulkan bahwa media creativity box yang dikembangkan ini dapat meningkatkan perkembangan kemampuan membaca dan menulis permulaan anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Mataram.

License

Copyright (c) 2025 Fadiyah Irsyana, I Nyoman Suarta, M. A. Muazar Habibi, Fahruddin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>