Pengaruh Penggunaan Media Filbook Terhadap Kemampuan Literasi Baca Tulis Anak Kelompok B di RA NW Peneguk Tahun Ajaran 2024

Authors

Ulya Nurul Wahyuni , Fahruddin , Nurhasanah

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.8654

Published:

2025-02-28

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Wahyuni, U. N., Fahruddin, & Nurhasanah. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Filbook Terhadap Kemampuan Literasi Baca Tulis Anak Kelompok B di RA NW Peneguk Tahun Ajaran 2024. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 385–390. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8654

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flipbook terhadap kemampuan literasi baca tulis anak kelompok B di RA NW Peneguk tahun ajaran 2024. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen menggunakan desain penelitian one Grup Pretes-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh anak kelompok di B RA NW Peneguk dengan jumlah 43 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelompok B1 dengan jumlah 13 perserta didik yang dipilih menggunakan teknik Porposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang di gunakan yaitu Paired Sample Test dengan bantuan aplikasi SPSS versi 21 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. 2 tailed diperoleh sebesar 0,000 dengan jumlah sampel (df) yaitu 13 anak dengan taraf segnitifikansi 5%, terlihat dari uji hipotesis dengan nilai segnitifikansi kemampuan literasi baca tulis sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dengan nilai thitung 9,083 > ttabel 2,179 yang berarti bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media flipbook terhadap kemampuan literasi baca tulis anak kelompok B di RA NW Peneguk tahun ajaran 2024.

License

Copyright (c) 2025 Ulya Nurul Wahyuni, Fahruddin, Nurhasanah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>