Pengaruh Media Building Blocks Terhadap Perkembangan Motorik Halus pada Anak Kelompok B di TK Cahaya Lestari Janapria
DOI:
10.29303/jmp.v5i1.8658Published:
2025-02-28Issue:
Vol. 5 No. 1 (2025): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya penstimulusan dan rangsangan yang dilakukan kepada anak yang baru lahir sampe dengan usia enam tahun Golden Age. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh media building blocks terhadap perkembangan motorik halus pada anak kelompok B di TK Cahaya Lestari Janapria, sampel yang digunakan berjumlah 16 anak. Peneliti ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu eksperimen dengan bentuk one group pretest- posttes dengan taraf signifikan 5%. Adapun hasil nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,000<0,05. Berdasarkan hasil uji t-test terhadap perkembangan motorik halus anak. Nilai t pada perkembangan motorik halus thitung sebesar 9,2406 sedangkan ttabel dengan nilai df 15 yaitu sebesar 2,131. Dengan demikian nilai thitung > ttabel maka dapat disimpulkan ada pengaruh media building blocks terhadap perkembangan motorik halus pada anak kelompok B di TK Cahaya Lestari Janapria
License
Copyright (c) 2025 Pingka Saradila, I Made Suwasa Astawa, Ni Luh Putu Nina Sriwarthini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).