Penerapan Project Based Learning (PjBL) melalui Kegiatan Fun Cooking untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak usia 5-6 Tahun di TK Dewi Seruni Ampenan

Authors

Ita Ramdhani , Nurhasanah , I Made Suwasa Astawa

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.8660

Published:

2025-02-28

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Ramdhani, I., Nurhasanah, & Astawa, I. M. S. (2025). Penerapan Project Based Learning (PjBL) melalui Kegiatan Fun Cooking untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak usia 5-6 Tahun di TK Dewi Seruni Ampenan. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 329–336. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8660

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak melalui kegiatan Fun Cooking di Tk Dewi Seruni Ampenan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas, dalam penelitian ini menggunakan tiga siklus dalam setiap siklusnya harus melalui tahapan-tahapn penelitian yaitu perencanaa, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 12 anak, dengan 4 anak laki- laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan di Tk Dewi Seruni Ampenan kec pejeruk ampenan utara. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Project Based Learning (PjBL) Melalui Kegiatn Fun Cooking untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak mendapatkan nilai mencapai 84% dengan kategori berkembang Sangat Baik. Adapun langkah-langkah Penerapan PjBL melalui Kegiatan Fun Cooking ini sebagai berikut: 1) anak menentukan tema proyek yang akan dilakukan bersama-sama 2) membagi anak menjadi berkelompok 3) menyusun jadwal pembuatan proyek 4) anak bekerjasama dalam pembuatan produk 4) tiap kelompok dapat menceritakan hasil produk yang dibuat bersama kelompoknya. Adapun hasil penelitian pada pelaksanaan siklus I, II, dan III. Hasil yang diperoleh pada pelaksanaan pra siklus mencapai 25%, dan pada siklus I diperoleh 48% dengan kategori berkembang sangat baik. Dan pada siklus II diperoleh 78% dengan kategori berkembang sangat baik, kemudian pada siklus III meningkat mencapai 84% dengan ketegori berkembang sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh diatas, data disimpulkan bahwa penerapan Project Based Learning (PjBL) melalui kegiatan Fun Cooking berhasil meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun.

License

Copyright (c) 2025 Ita Ramdhani, Nurhasanah, I Made Suwasa Astawa

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>