Sikap Mahasiswa PPG Daljab PAUD Saat Menyampaikan Pendidikan Seksual pada Anak Usia Dini
DOI:
10.29303/jmp.v5i1.8663Published:
2025-02-28Issue:
Vol. 5 No. 1 (2025): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Kasus kekerasan seksual pada anak beberapa tahun terakhir menjadi hal yang mengkhawatirkan. Dari kasus tersebut pencegahan dapat dilakukan melalui lembaga skolah, karena di sekolah terdapat sosok guru yang dapat memberikan layanan perlindungan dan mengenalkan pendidikan seksual pada anak. Guru perlu meningkatkan kompetensi dan profesionalisme untuk menjawab tantangan tersebut dengan mengikuti program PPG daljab. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui sikap mahasiswa PPG daljab PAUD saat menyampaikan pendidikan seksual pada ank usia dini. Jenis penelitin yang digunakan yaitu kuantitatif deskripti dengan menggunakan metode survey. Pengambilan data November 2023 – Mei 2024 di Jember, Jawa Timur. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa PPG daljab PAUD kabupaten Jember. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh tingkat percaya diri mahasiswa sangat baik sekitar 70% namun sebanyak 75% mahasiswa masih takut saat menyampaikan topik jenis kelamin pada anak.
License
Copyright (c) 2025 Evita Dwi Pramesti, Wahyu Dyah Laksmi Wardhani, Nuraini Kusumaningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).