Hubungan Antara Aktivitas Melukis Tarik Benang dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini
DOI:
10.29303/jmp.v5i1.8670Published:
2025-02-28Issue:
Vol. 5 No. 1 (2025): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan motorik halus anak usia dini yang dinilai masih kurang berkembang dari tahapan perkembangan anak usia dini. Aktivitas melukis tarik benang menggunakan media kuas yang dinilai media terlalu monoton. Objek penelitian ini yaitu peserta didik kelompok B RA Al-Gozali Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung yang berjumlah 10 orang. Hubungan antara kedua variabel yakni aktivitas melukis tarik benang dan Kemampuan motorik halus anak usia dini diperoleh koefisien korelasi sebesar (0,998), hasil tersebut berada pada interval (0,800-1,000) yang artinya hubungan antara aktivitas melukis tarik benang dengan kemampuan motorik halus anak usia dini berada pada tingkat hubungan Sangat Kuat/ Sangat Tinggi. Kemudian untuk uji hipotesis diperoleh harga uji hipotesis sebesar 44,793 dan db = 8 dengan taraf signifikan 5% yaitu 2,306. Maka thitung = 44,793 > ttabel = 2,306, yang artinya H0 ditolak dan Ha d diterima. Dengan demikian ada hubungan yang signifikan antara aktivitas melukis tarik benang dengan kemampuan motorik halus anak usia dini di kelompok B RA Al-Gozali Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Dari data yang diperoleh bahwa aktivitas melukis tarik benang memberikan kontribusi sebanyak 99,6% terhadap kemampuan motorik halus anak usia dini. Hal ini menyatakan masih ada 0,4% faktor lain yang mempengaruhi kemampuan motorik halus anak usia dini dini di kelompok B RA Al-Gozali Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.
License
Copyright (c) 2025 Annisa Agustina Hafidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).