Meningkatkan Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Lingkungan Sekolah TK Labschool Unesa 2

Authors

Adela Cahya Rahmadhani , Rachma Hasibuan

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.8672

Published:

2025-02-28

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Rahmadhani, A. C., & Hasibuan, R. (2025). Meningkatkan Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Lingkungan Sekolah TK Labschool Unesa 2. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 239–246. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8672

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan TK Labschool Unesa 2 menggunakan metode studi kepustakaan. Metode ini dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis informasi dari berbagai sumber literatur terkait, baik buku-buku, jurnal ilmiah, maupun artikel terbaru yang relevan dengan topik tersebut. TK Labschool Unesa 2 dikenal sebagai institusi pendidikan yang mengutamakan pengembangan anak usia dini dalam aspek kesehatan dan kebersihan. Melalui pendekatan studi kepustakaan, penelitian ini mendokumentasikan praktik- praktik yang diterapkan di sekolah tersebut untuk meningkatkan kesadaran dan kebiasaan hidup bersih dan sehat di kalangan anak usia dini tentang pentingnya menjaga kebersihan diri, mengonsumsi makanan sehat, serta melakukan aktivitas fisik secara teratur. Dukungan dari tenaga pendidik dan staf sekolah menjadi kunci dalam menanamkan nilai-nilai ini kepada anak-anak secara efektif.

License

Copyright (c) 2025 Adela Cahya Rahmadhani, Rachma Hasibuan

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).