Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk Anak Usia Dini

Authors

Musnar Indra Daulay , Dahraini Hannum Daulay

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.8681

Published:

2025-02-28

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Daulay, M. I., & Daulay, D. H. (2025). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk Anak Usia Dini. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 158–167. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8681

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena teknologi kecerdasan buatan yang saat ini banyak digunakan dalam transformasi pembelajaran di tingkat pendidikan. Penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) pada tahap pembelajaran dini anak-anak semakin mendapat sorotan, dengan penelitian terbaru yang mengungkapkan pentingnya pengenalan AI sejak dini. Penggunaan AI di PAUD dapat disesuaikan dengan minat dan kebutuhan anak. Melalui pendekatan yang tepat, kita dapat memastikan bahwa anak-anak tidak hanya memahami teknologi, tetapi juga mengembangkan keterampilan dan pemahaman yang diperlukan untuk masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami potensi penerapan pembelajaran berbasis Kecerdasan Buatan (AI) di lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI dalam pembelajaran di PAUD sangat direkomendasikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan pembelajaran berbasis AI di PAUD memiliki potensi yang besar. Penggunaan AI dalam pembelajaran di PAUD sangat direkomendasikan karena menyenangkan. Disamping itu, juga mampu memfasilitasi kebutuhan perkembangan mereka secara holistik. Implikasi positifnya mencakup peningkatan daya tarik pembelajaran, individualisasi pendekatan pembelajaran, dan pemberian dukungan efektif untuk memenuhi kebutuhan spesifik anak

License

Copyright (c) 2025 Musnar Indra Daulay, Dahraini Hannum Daulay

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).