Faktor-faktor yang Mempengaruhi Implementasi Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini di Kecamatan Tenggarong

Authors

Linda Wulan Riana , Mutmainnah , Sukama Erita , Rini Fitriyani , Fitri Anjarwati

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.8683

Published:

2025-02-28

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Riana, L. W., Mutmainnah, Erita, S., Fitriyani, R., & Anjarwati, F. (2025). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Implementasi Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini di Kecamatan Tenggarong. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 137–143. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8683

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Implementasi asesmen perkembangan anak usia dini dalam kurikulum merdeka merupakan kunci keberhasilan sebuah pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi asesmen perkembangan anak usia dini di Kecamatan Tenggarong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas di tiga taman kanak-kanak di Kecamatan Tenggarong. Metode pengumpulan data penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan dan pengetahuan guru, dukungan orangtua, ketersediaan sumber daya dan fasilitas, serta kebijakan pemerintah daerah memainkan peran penting dalam keberhasilan asesmen. Perlunya pelatihan berkelanjutan untuk guru, peningkatan keterlibatan orangtua, dan kebijakan pemerintah yang mendukung dapat membantu pihak sekolah dalam menjalankan asesmen secara optimal. Selain itu kolaborasi antara pendidik, orangtua, dan pemerintah, serta pendekatan yang sensitif terhadap konteks sosial dan budaya, adalah kunci untuk mencapai asesmen yang efektif dan menyeluruh. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia khususnya di wilayah Kecamatan Tenggarong.

License

Copyright (c) 2025 Linda Wulan Riana, Mutmainnah, Sukama Erita, Rini Fitriyani, Fitri Anjarwati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).